Sabtu, 02 September 2017

Resep Masakan Ayam Goreng Ala-ala Kentucky Buatan Sendiri

Ceritanya saya lagi nyobain bikin ayam goreng kentucky  sendiri. Kalo biasanya sih pake tepung bumbu yang sudah jadi karena gak mau ribet, tapi kali ini lagi semangat-semangatnya  he2.. lebay jadi bikin sendiri saja tepungnya bumbunya.Hasilnya lumayanlah, walaupun tepungnya tidak bisa kriting-kriting lebay seperti ayam goreng kentucky gerobakan yang 5ribu-an itu lho.

Saya pribadi sebenernya lebih suka ayam goreng yang bumbunya diungkep, karena menurut saya bumbunya bisa bener-bener meresap, cuman kalo inget si kecil makannya lahap gitu jadi mau juga bikinnya ^_^. Resep ayam goreng ala kentucky ini saya dapat dari dapurmasak.com, di resepnya pake bawang putih bubuk dan cabe bubuk, berhubung saya gak ada stok jadi saya skip saja cabe bubuknya dan saya pake bawang putih yang dihaluskan. Sok gak gak usah berlama-lama deh, berikut ini resep ayam goreng ala kentucky:
Gambar Via : situkangmasak.com


Resep Masakan Ayam Goreng Kentucky

Bahan-bahan masakan Ayam Goreng Kentucky buatan sendiri :

500 gram Ayam broiler
350 gram Tepung Terigu Protein Sedang
1 sendok makan Tepung Beras
1 sendok teh Tepung sagu/tapioka
3 siung bawang putih haluskan
Garam secukupnya
7 gram Masako
1 sendok makan Lada halus

Bumbu masakan Ayam Goreng Kentucky buatan sendiri:

3 siung bawang putih haluskan
Masako 7 gram
1 sendok teh Lada halus
1 sendok teh Garam

Cara membuat masakan Ayam Goreng Kentucky buatan sendiri:

1. Potong ayam menjadi 10, kemudian campurkan ke ayam dengan bumbu yang sudah ditentukan
2. Ambil satu potongan ayam, kemudian disayat menjadi lebar
3. Usahakan menyayatnya selebar mungkin hingga menjadi lebih lebar
4. Siapkan tepungnya. Campur semua tepung + masako + garam + lada halus + bawang putih, aduk rata.
5. Siapkan air + telur + garam secukupnya.
6. Aduk bahan air sampai tercampur dan air berwarna keruh
7. Masukkan satu persatu ayam ke dalam tepung. Gulingkan dan bungkus ayam dengan tepung, lakukan satu persatu.
8. Setelah kita membungkus ayam dengan tepung, langsung masukkan ke air perendam. Lakukan sampai ayam habis.
9. Ambil sepotong ayam dari air perendam, kemudian celupkan kembali ke dalam tepung. Setelah potong, tumpukkan menjadi satu, tekan2, kemudian pisahkan sambil di goyang2 agar tepungnya berjuntai.
10. Setelah 4 potong, tumpukkan menjadi satu, tekan2, kemudian pisahkan sambil di goyang2 agar tepungnya berjuntai.
11. Ayam yang telah melalui proses untuk siap digoreng.
12. Gorenglah ayam dengan api sedang.
13. Setelah berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

TIPS:
- Untuk menggoreng pastikan ayamnya terendam minyak semua (deep frying), saya biasa pake panci anti lengket agar ayam terendam minyak sempurna dan matang merata dan pastinya bentuk panci yang cekung daripada wajan seenggaknya cukup menghemat minyak, secara kalo pake wajan yang biasa itu minyak yang dituang jauh lebih banyak (hemat ala emak-emak banget ya) ^_^.
- Tambahkan sedikit soda kue ke dalam bumbu perendam untuk hasil yang lebih krispy.Tips ini saya dapat dari tukang jualan panci serbaguna yang pernah mampir di kantor tempat saya bekerja dan mendemokan masakan ayam krispy.

Agak ribet sih menurut saya, cuman karena si kecil suka, saya mau juga memasaknya.  Selamat mencoba, dijamin ketagihan deh.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: