Rabu, 06 September 2017

Nasehat tentang 3 Kunci Pembuka Nikmat Allah

Hari libur kemarin, saya sempat merapikan rak buku yang semakin berantakan dan penuh saja, bukan karena banyak buku, tapi lebih karena gak rapi aja naruhny. Eh nemu buku lama saya, semacam buku catatan, tempat saya menuliskan sesuatu yang saya sukai dari buku yang pernah saya baca, sebagian besar sih tentang kutipan, puisi, atau kisah. 

Akhirnya Saya pun memutuskan untuk membagikannya pada Anda (lebay ya hehe..), padahal karena memang lagi butuh untuk ngisi blog kecil ini. Sayangnya saya lupa menuliskan judul bukunya (kalau tidak salah "Kumpulan Hikmah Sufi"), yaitu tentang "Kunci Pembuka Nikmat Allah". Kisahnya tentang Imam Sufyan ats-Tsauri yang meminta nasehat kepada Ja'far bin Muhammad. Sebuah nasehat yang sederhana namun sarat makna. Seperti inilah kisahnya:
nasehat tentang kunci pembuka nikmat Allah
Gambar via : nu.or.id


Imam Sufyan ats-Tsauri datang menghadap Ja'far bin Muhammad dan berkata:"Berikanlah nasihat kepadaku!" Tetapi Ja'far bin Muhammad menolak."Aku tidak akan pergi sebelum tuan memberi nasihat", Kata Imam Sufyan ats-Tsauri. Akhirnya Ja'far bi Muhammad berkata:

1. " Hai Sufyan! Jika Allah memberikan Nikmat kepadamu dan kamu mengharap agar nikmat itu kekal, maka banyak-banyaklah memuji dan bersyukur kepada-Nya. Karena Dia berfirman: "Sesungguhnya Jika kalian bersyukur kepadaKU niscaya aku tambahkan nikmat Ku kepada kalian!

2. " Hai Sufyan! Jika kamu merasakan keterlambatan datangnya rezeki maka perbanyaklah memohon ampunan kepad Allah, karena Allah berfirman: "Mohon ampunlah kalian kepada Tuhan kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, Nisacaya Dia akan meurunkan hujan lebat dari langit dan menolong kalian dengan harta benda dan anak-anak, dan Dia kan menjadikan kebun-kebun dan sungai-sungai"

3. " Hai Sufyan! Jika kamu tertimpa urusan dengan penguasa atau yang lainnya banyak-banyaklah kamu mebaca: "Laa hawla wa la quwwata illaa billaah". karena sesungguhnya dia adalah kunci pembuka kebahagiaan dan salah satu gudang surga"

Sambil mendengarkan, Imam atsTsauri tampak menghitung dengan menekuk-nekuk jarinya dan berkata: " Inilah tiga, dan tiada yang lebih hebat daripada tiga nasehat ini"

Itu tadi kisah Imam Sufyan ats-Tsauri yang mendapatkan nasehat tentang kunci pembuka nikmat Allah, semoga kita juga bisa mengamalkannya, dan memperoleh kenikmatan di dunia dan akherat. aamiin.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: