ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Motivasi Menulis Seorang Blogger

Minggu, 20 Agustus 2017

Aktivitas menulis dan membaca memang tidak bisa dipisahkan. Setiap hari kita menulis dan membaca, SMS-an, update status FB atau Twitter, BBM-an, atau seperti yang saya lakukan sekarang ini, yaitu membuat postingan untuk blog saya.

Di era digital ini menulis dan membaca sudah jadi keniscayaan ya, posting-posting menulis yang bermanfaat it's ok lah, saya pun sering membaca atau mere-share postingan yang menurut saya berguna dan sayang kalo ga dibagi (itung-itung sedekah he2..). Tetapi sebel juga klo tiba-tiba da yg posting di wall jorok gitu.melalui internet dilakukan pemasaran/marketing via online, dasarnya adalah menulis. Menulis sales letter yang menarik, menulis status sosmed yang menarik sehingga orang tertarik untuk nge-like atau re-twitt. Saya sendiri bahkan mungkin ngerasa sosial media ini sudah jenuh banget untuk pemasaran. BBM isinya penawaran produk, status FB isinya juga masarin produk melulu. Masih mending jika pemasarannya gak langsung serta merta atau istilahnya soft selling pake cara story teling orang baca masih enak, gak sukanya saya kalo ada yang posting jualan terus nge-tag brutal, hadeuw bukannya jualan laku bisa-bisa malah diblokir atau dilaporkan sebagai spammer.

Jika anda memang berniat jualan, gak ada salahnya Anda baca-baca status fanspagenya Kang Dewa Eka Prayoga, beliau selalu posting hal-hal yang sangat bermanfaat bagi pembacanya. Saya sendiri adalah follower setianya, pokoknya sukses terus buat Coach Dewa "Selling" yang terus menginspirasi bagi Indonesia.

Ada yang mengatakan menulis itu harus punya bakat, ada benarnya juga sih menurut saya. Saya dulu punya temen yang gampang banget dapat ide menulis. Tiap kali ada lomba menulis saya liat dia gampang banget bikin tulisan yang enak dibaca, sementara saya pasti mati kutu deh kalo ketemu pelajaran mengarang, membuat satu paragraf saja sulitnya minta ampun, apalagi kalo tema yang ditentukan gak begitu saya suka/kuasai, tambah pusing deh. Karena saya tinggal di kampung kecil, stasiun TV-nya cuman TVRI, gak kenal internet, trus punya buku juga jarang, perpustakaan koleksinya juga buku-buku dari pusat,yang menurut saya gak menarik he2..secara anak kecil kan suka banget buku-buku yang colorfull, betul gak? eh..jadi ngelantur kemana-mana, kembali ke soal bakat tadi ya, kalo punya bakat menulis tapi gak berlatih menulis juga sama ja bo'ong, gimana bisa bikin tulisan yang bagus hayooo. Paling oke kalo punya bakat menulis tapi juga punya motivasi yang kuat untuk jadi penulis, jadi dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Pantang menyerah terus belajar menulis meski tulisan ditolak penerbit berkali-kali.

Dengan hadirnya internet yang semakin murah, juaga banyaknya platform penyedia blog yang notabene free atau gratis, sangat memudahkan buat saya juga Anda yang menginginkan mempublikasikan tulisan di internet. Harga domain pun juga relatif murah, seperti blog saya ini. Saya hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 100ribuan untuk sebuah domain, untuk hostingnya saya menggunakan blogger karena gratis (klo ada yang gratis kenapa enggak ^_^). Anda bisa baca postingan saya tentang alasan saya menggunakan blogger di lain waktu. Namun jika Anda punya budget lebih tidak ada salahnya Anda membeli layanan hosting, dan mencoba wordpress.org, banyak yang bilang kalau menggunakan wordpress .org itu lebih gampang dan pluginnya banyak .

Nah, mengutip apa yang Mas Jonru sampaikan (dulu saya pernah berlangganan newsletter menulis dari bapak satu ini) bahwa hambatan terbesar untuk jadi seorang penulis adalah justru dari diri-sendiri dan yang paling tepat untuk mengatasinya adalah diri sendiri.Berikut ini adalah penyakit internal bagi penulis pemula menurut mas Jonru:

1. Takut ditolak

Anda ingat Thomas alva Edison, mungkin kita bakalan gelap gulita jika Thomas Alva Edison berhenti bereksperimen untuk yang ke sekian kalinya, ternyata tidak kan? Kata motivator Kegagalan adalah sukses yang tertunda, jadi jangan menyerah ya :-D.Internet sekarang semakin memudahkan kita ya, seorang Raditya Dika jadi terkenal karena aktivitas menulis di blognya. Setiap orang bisa dengan mudahnya membuat blog tanpa modal sepeser pun alias gratis, cukup dengan membuat blog lalu isi dengan tulisan maka tulisan Anda bisa dibaca siapapun yang terkoneki internet (seperti saya saat ini he2..).So Jangan sampai itu membuat Anda kehilangan motivasi menulis,tetap semangat!!

2.Minder

Jika kita mikirin minder, mungkin kita gak jadi menulis ya. Sudah deh ilangin penyakit mindernya, menulis saja di blog seperti saya untuk berlatih menulis. Jika ada yang berkomentar terima saja sebagai masukan, betul nggak??


3. Membesar-besarkan masalah

Saya sebetulnya ingin menulis, tapi saya karyawan yang sibuk, sore hari baru nyampe rumah itupun sya harus mengurus anak, malem saya sudah ngantuk kapan saya bisa menulis? ya mungkin Anda juga sama seperti saya he2..klise ya. Awalnya memang begitu, tapi sekarang saya mulai untuk menulis lagi, menulis apa saja yang ingin saya tulis, di sela-sela waktu istirahat di kantor, atau mendampingi anak yang sedang belajar.Bagaimana dengan Anda? saya yakin Anda bisa menemukan cara untuk mensiasatinya :-D


4.Dikritik Lalu Mati

Tulisan Anda begitu jelek, jangan menulis lagi ! apakah kritikan seperti itu akan membuat Anda mati ? Orang yang mau menyempatkan diri membaca tulisan Anda lalu mengomentarinya bukankan itu berarti Dia perhatian pada Anda, lain halnya dengan orang yang nggak peduli, mau seperti apa tulisan Anda ya cuek saja.Jadikan itu untuk mengobarkan motivasi menulis dalam diri Anda, masih tetep semangat menulis kan?

5.Tidak Sabaran.

Tidak ada kesuksesan yang instan sim salabim, nikmati saja prosesnya.Bahkan jika Anda melihat juara idol sekalipun, jika Anda mau mengikuti kesehariannya mereka juga menjalani proses yang panjang sehingga mereka bisa lolos audisi sampai menjadi juara. Mari kita lewati anak tangga itu satu-persatu menuju apa yang kita impikan.

6. Malas berusaha

Anda ingin jadi penulis, ya menulislah setiap hari, jadikan itu gaya hidup Anda.Jangan samapai Anda melewatkan hari tanpa aktivitas menulis, jadikan itu bukan sekedar hobi tapi pilihan hidup Anda. Kalo yang saya lakukan adalah masih sekedar hobi saja :-D

Nah, tinggal sekarang adalah memotivasi diri kita untuk menulis.Semoga tulisan saya yang ngalor ngidul ini bisa bermanfaat.Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa bahagia ^_^
Share This :
Lutfi

Hai perkenalkan, saya lutfi , terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat, jangan lupa bersyukur dan bahagia ya ^_^

0 komentar